Sunday, April 25, 2010

confession

karna suatu hal yang terlalu panjang untuk diceritakan, gue jarang ke gereja
bahkan pernah dulu ada bertahun-tahun sama sekali ga ikut misa mingguan di gereja

tapi gue orang yang tau dan yakin kalo ga semua orang yang kelihatannya sering/tekun pergi ke tempat ibadat itu tidak selalu mencerminkan imannya.
ini bukannya pembelaan diri tapi ini memang hal yang gue lihat, tau dan itu salah satu pengalaman yang gue alami.

gue punya salah satu teman dari SMP yang sampe sekarang masih berhubungan. kalo untuk sekarang mungkin dia sudah mengenal J tapi dulu pernah sekali waktu kami pulang bareng usai sekolah , saat gue lagi ngobrol sama teman lain tentang kisah J yang ada di bible dan tiba-tiba teman gue yang satu itu nanya "J itu siapa sich?" sambil terbengong dan gak percaya dengan pertanyaannya teman ngobrol gue nanya sama dia "yang bener lu ga tau J itu siapa?" dan dia jawab "iya gue ga tau, emangnya J itu sapa?".
kenapa gue sama teman ngobrol gue yang satu itu terheran-heran dan agak terkejut sama pertanyaan konyol teman gue karna itu anak satu-satunya dantara kami yang paling rajin tiap minggu datang ke gereja bareng keluarganya.
"emangnya kalo di gereja lu ngapain aja?", "ya, kalo orang lain nyanyi gue ikut nyanyi kan ada liriknya di monitor terus kalo orang lain berdoa gue ngikut tutup mata dan lipat tangan."
menurut gue pertanyaannya agak konyol dan bikin gue agak kesal, orang beda agama aja tau kalo J nabinya umat agama K tapi kenapa justru nie anak yang beragama K malah nanya dengan tampangnya yang polos siapa itu J.

lalu ada beberapa orang yang ga bisa disebutin apa agamanya atau siapa mereka yang pasti gue lumayan taulah orang-orang itu (sedikit).
mereka melihat kitab sucinya hampir tiap hari dan selalu pergi ke tempat ibadatnya sesuai dengan jadwal ibadatnya. tiap hari berdoa, tiap hari melihat kitab sucinya tapi hampir tiap hari juga mereka menjelek-jelekkan orang lain yang sepetinya hanya 40% kebenarannya dan sisanya hanyalah bu**s***. padahal tau kalo ada tertulis untuk tidak menfitnah orang lain tapi mereka lakukan itu setiap hari sehabis belajar agama mereka. dan mereka manganggap apa yang mereka lakukan adalah wajar. suatu hal yang bikin gue pengen ketawa pake hidung, mungkin mereka menganggap orang lain itu tidak berarti atau selalu jelek tapi apa mereka tau kalo orang yang diejek mereka itu hanya menganggap mereka 'angin; yang ga berarti apa-apa (ups ini sedikit curhat sebenarnya ^^)

balik lagi ke atas, gue memang ga tau terlalu detail apa yang menjadi kewajiban setiap paskah, tetang doa-doa yang harus diucapkan di waktu-waktu tertentu bahkan ada beberapa doa yang ga gue tau apa yang harus diucapin saat mengikuti ekaristi.
ya gue memang bodoh dan sudah agak jauh dari kewajiban-kewajiban gereja.

but i belive in J and i'm trying to keep my faith in father altough sometimes it's hard to still keep u're faith 'cause this life sometimes too difficult to think even to feel

and i'm on my way to get close with my religion and to get close with J

No comments:

Post a Comment