Sunday, November 28, 2010

ga bakal bisa gue lakukan

Gue ga bisa membayangkan apa yang ada dipikiran seseorang saat dia sedang membaca koran atau menonton berita pagi mengenai kriminalitas dengan tenangnya sambil menyeruput kopi panas dan menikmati sarapannya lalu berkata “dunia ini makin kejam saja”. Rasanya aneh kau masih bisa membaca tentang kejamnya manusia sambil melakukan sesuatu yang santai atau membaca tentang pembunuhan atau pemerkosaan atau mutilasi tapi masih bisa makan sarapan dengan tenangnya. Apakah tidak merasa mual membaca hal sadis dan menjijikan yang dapat dilakukan oleh orang lain? Gue ga mengatakan hal itu salah tapi entah mengapa menurut gue itu hal yang aneh. Orang bisa saja mengatakan kalo dunia ini makin kejam, mengutuk para pelakunya atau bersimpati pada korbannya tapi pada saat yang sama orang tersebut juga masih bisa meneruskan rutinitas paginya, apakah yang dikatakannya hanya sekedar simpati belaka? Apakah itu hanya perasaan kasihan sesaat kemudian hilang menjelang siang?

Mungkin memang tidak ada yang bisa dilakukan jika gue sendiri ditanya “memangnya apa yang bisa kita lakukan kalo mendengar atau membaca tentang kesadisan manusia?” tapi yang pasti gue ga bakal dengan santainya menyeruput kopi panas, makan sarapan sambil membaca Koran atau menonton berita pagi dan berkata “dunia ini makin kejam saja” karna gue memang ga bisa melakukan apa pun maka itu gue ga bisa dengan santainya mengatakan hal seperti itu.

No comments:

Post a Comment