Sunday, April 18, 2010

melihat orang laen

Apakah benar pandangan/pendapat banyak orang terhadap satu orang tertentu itu bisa sama? Gue pernah melihat tayangan tv mengenai seseorang melalui pendapat dari orang-orang disekitarnya, dan pendapat mereka sama semua, dalam pandangan gue tayangan itu jadi seperti scenario yang dibaca berulang kali oleh orang2 yang berbeda. Rasanya agak aneh menurut gue karna kadang perbuatan sama si A bisa beda dengan perbuatan kepada si B atau si L.

Misalnya saja perbuatan seseorang terhadap temannya dengan orang yang baru dikenalnya itu bakal sama? Kalo sama temannya dia bisa curhat semuanya atau berkata apa adanya kepada teman terus apa mungkin dia akan melakukan hal yang sama terhadap orang yang baru dikenalnya, apa mungkin dia akan bicara panjang lebar curhat mengenai dirinya atau berkata hal-hal yang terbuka terhadap orang itu sama seperti yang dilakukannya dengan temannya?

Contoh lain misalnya perbuatan terhadap keluarga dengan temannya, apa mungkin bisa sama? Mungkin ada yang lebih terbuka dengan temannya atau sebaliknya. Jika sama teman kita bisa berkata agak kasar/jorok apa terhadap keluarga kita bisa melakukan hal itu? Sebaliknya jika sama keluarga kita berkata sopan dan menjaga kata-kata apakah kita juga harus berkata sopan dan bertutur halus pada teman kita?

Atau yang lebih terlihat lagi, kelakuan kita di depan orang-orang yang kita sayangi dengan orang-orang yang tidak disukai bahkan benci, apa bakal 100% sama? Bisa jadi kita bakal berperilaku yang agak sopan dengan orang2 yang masuk dalam daftar hitam kita tapi apa mungkin kita bakal jaga perasaan mereka? Apa mungkin kita bakal mau membuat mereka bahagia dengan mengorbankan diri, apa mungkin kita bakal membeberkan rahasia kita pada mereka? Sebaliknya terhadap orang2 yang kita sayangi apa mungkin kita ga peduli sama mereka? Apa mungkin kita ga mau membuat mereka tertawa karna candaan2 yang coba kita buat untuk menyenangkan hati mereka? Dan apakah mungkin kita bakal menyerang kelemahannya atau membuat sakit hatinya dengan sengaja?

Menurut gue kemungkinannya besar sekali pandangan orang2 sekitar terhadap kita bisa beda satu sama lain. Perilaku kita sendiri bisa berbeda-beda terhadap si D dengan perilaku kita terhadap si M dan karna manusia mempunyai pandangan tersendiri tentang suatu hal, tentang orang disekitarnya dan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment